Pada postingan kali
ini saya akan membahas mengenai tugas softskill sebagai mata kuliah dari
pengantar bisnis informatika. Berikut tugas proposal yang kami buat  
Pada postingan kali
ini saya akan membahas mengenai tugas softskill sebagai mata kuliah dari
pengantar bisnis informatika. Berikut tugas proposal yang kami buat 
Proposal
Pembuatan Makalah Website Customer Service
Kelas : 4IA15
Anggota Kelompok :
  
  | 
DAFTAR ISI
Halaman
Cover
Daftar Isi                                                                                                                                ii
Executive Summary                                                                                                              1
Pendahuluan                                                                                                                         2-3
Tanggapan                                                                                                                             4-5
Rincian Biaya                                                                                                                          6
Kesimpulan                                                                                                                              7
Metodologi Pengembangan                                                                                                  8-9
Time Table                                                                                                                             10
Executive Summary
Website Customer Service PT. Jayabaya merupakan aplikasi
berbasis web yang bisa diakses secara reltime. Tujuan dari aplikasi ini adalah
sebagai sarana customer untuk bertanya mengenai info produk elektronik yang
diproduksi PT. Jayabaya serta untuk troubleshoot masalah dari produk-produk
yang terkait. Pengunjung selanjutnya akan di follow up oleh customer service melalui sarana teks(chatbox) dan
atau melalui telepon.
Berikut ini proyek pengembangan aplikasi yang akan
dikerjakan :
Proyek
  Pengembangan Aplikasi 
 | 
  
Target
  Mulai 
 | 
  
Target
  Selesai 
 | 
 
Website Customer Service PT. Jayabaya 
 | 
  
Januari 2015 
 | 
  
April 2015 
 | 
 
Bagian 1 - Pendahuluan
Request
for Proposal (RFP) proyek Website Customer
Service adalah kumpulan kebutuhan-kebutuhan awal yang dibutuhkan dalam
perencanaan proyek yang berisi kebutuhan tenaga ahli, kebutuhan hardware dan
detail pekerjaan.
2.1  Tujuan
·        
Memperikirakan gambaran awal
pekerjaan dan sumber daya yang dibutuhkan dalam proyek
·        
Mengkalkulasikan perkiraan
investasi yang dibutuhkan didalam proyek
·        
Sebagai referensi dan pembuatan
kerjasama dengan dengan vendor pengembang aplikasi, sedemikian rupa sehingga
proses pengerjaan proyek dan pengembangannya bisa dilakukan lebih efektif dan
efisien
2.2  Ruang Lingkup & Tanggung Jawab
Ruang
lingkup tanggung jawab dalam pengembangan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan PT.
Jayabaya, secara garis besar adalah sebagai berikut: 
·        
Pihak PT. Jayabaya bertanggung
jawab sebagai: 
o  
Pemilik proyek. 
o  
Manajer proyek. 
o  
Counterpart bagi rekanan. 
o  
Narasumber resmi. 
o  
Penyedia informasi yang dibutuhkan
rekanan. 
·        
Pihak Rekanan bertanggung jawab
terhadap: 
o  
Merencanakan dan melaksanakan manajemen proyek bersama PT. Jayabaya. 
o  
Melaksanakan
pengembangan sistem. 
o  
Pembuatan laporan progress selama
pengembangan. 
o  
Penyediaan dokumentasi hasil
pengembangan (teknis maupun non-teknis). 
o  
Pelaksana implementasi system. 
o  
Memastikan aplikasi berjalan
normal di lingkungan operasional setelah proses implementasi ke sistem
operasional selesai dilakukan 
o  
Pemeliharaan sistem selama masa
garansi.
o  
Troubleshooter sistem selama masa
garansi.
Selain itu
rekanan wajib menjaga kerahasiaan data dan informasi yang dimiliki oleh PT. Jayabaya (akan dicover dalam Non-Disclosure
Agreement).
2.3  Arsitektur Sistem
Secara
umum, Website Customer Service yang akan dikembangkan memiliki
karakteristik sebagai berikut:
1.     
Aplikasi berbasis
web, disepakati menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan salah
satu framework Yii atau Codeigniter.
2.     
Mengelola data master, transaksi,
dan reporting yang disimpan menggunakan DBMS MySql.
3.     
Terdapat 3 jenis user, yaitu:
a. System Super Admin, yang bertugas mengelola master data utama,
seperti: Data customer(berupa alamat, no telp, email,dll), pertanyaan customer dan mengecek pekerjaan system admin .
b. System
Admin, yang bertugas mengelola master data utama, seperti: Data customer(berupa
alamat, no telp, email,dll), pertanyaan customer, .
c.
Pengujung, yang bisa langsung berkomunikasi dengan CS melalui layanan
teks(chatbox) atapun menghubungi via telepon secara langsung.
d. Customer
service, bertugas untuk melayani pengunjung melalu layanan teks dan input data
beserta keluhan pelanggan kedalam database.
Tanggapan 
Setelah diadakan
nya pertemuan dengan pihak PT Jayabaya selaku client dalam pembuatan Website
Customer Service, maka kami hendak mengajukan ketentuan kerja sama sebagai
berikut.
Kebutuhan
umum
Kebutuhan umum Proyek yang ditawarkan
kepada rekanan meliputi :
a.       Studi
kelayakan, testing, sampai dengan
pemeliharaan. 
b.      Penyelenggaraan
pelatihan dan alih teknologi kepada SDM pihak PT Jayabaya
c.       Penyediaan
dokumen proyek, dokumen teknis, buku manual dan souce code dari aplikasi yang
telah berhasil dikembangkan untuk diberikan kepada PT Jayabaya dan merupakan
hak cipta PT. Jayabaya setelah semua proses dilalui termasuk pembiayaan yang
telah dilunasi.
Kebutuhan Pengembangan Sistem                 
Berikut adalah pengembangan sistem yang
diklasifikasikan dalam modul : 
Kode Modul 
 | 
  
PT-JY-LR-0100 
 | 
 
Nama
  Modul               
 | 
  
Modul Master Data 
 | 
 
Jumlah sub –
  modul / proses 
 | 
  
2 buah 
 | 
 
Estimasi
  durasi pengerjaan modul 
 | 
  
3 hari 
 | 
 
Kode Proses 
 | 
  
PT-JY-LR-0101 
 | 
 
Nama Proses 
 | 
  
View Customers 
 | 
 
User 
 | 
  
Admin 
 | 
 
1.      Admin
  dapat melihat data customers 
 | 
 |
Kode Proses 
 | 
  
PT-JY-LR-0102 
 | 
 
Nama Proses 
 | 
  
Edit Customers 
 | 
 
User 
 | 
  
Admin 
 | 
 
1.      Admin
  dapat mengubah data customers 
 | 
 |
Kode
  Modul 
 | 
  
PT-JY-LR-0200 
 | 
 
Nama
  Modul 
 | 
  
Modul Service 
 | 
 
Jumlah sub –
  modul / proses 
 | 
  
2 buah 
 | 
 
Estimasi
  durasi pengerjaan modul 
 | 
  
3 hari 
 | 
 
Kode Proses 
 | 
  
PT-JY-LR-0201 
 | 
 
Nama Proses 
 | 
  
Input Data 
 | 
 
User 
 | 
  
Cust. Service 
 | 
 
Cust service
  dapat memasukkan (input) data customers 
 | 
 |
Kode Proses 
 | 
  
PT-JY-LR-0202 
 | 
 
Nama Proses 
 | 
  
FAQ 
 | 
 
User 
 | 
  
Cust. Service 
 | 
 
1.      Cust
  Service dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh customers 
 | 
 |
Kode
  Modul 
 | 
  
PT-JY-LR-0300 
 | 
 
Nama
  Modul 
 | 
  
Modul Customer 
 | 
 
Jumlah sub –
  modul / proses 
 | 
  
2 buah 
 | 
 
Estimasi
  durasi pengerjaan modul 
 | 
  
3 hari 
 | 
 
Kode Proses 
 | 
  
PT-JY-LR-0301 
 | 
 
Nama Proses 
 | 
  
Input Data 
 | 
 
User 
 | 
  
Cust. Service 
 | 
 
1.      Customer
  dapat memberikan pertanyaan 
1.      Customer
  dapat memberikan saran 
2.      Customer
  dapat memberikan saran 
 | 
 |
RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBUATAN WEBSITE COSTUMER SERVICE
PT.JAYABAYA
1. Web Development
ØRegistrasi Domain (1 Tahun)                                                      Rp.      500.000,-
ØWeb Hosting (100 M)a Rp.100.000 x 12
bln                              Rp.  
1.200.000,-
ØWeb Design Semi News                                                              Rp. 
10.000.000,-
ØInput data awal dan analisis                                                        Rp.   3.500.000,-
Sub Total Biaya Pembangunan Web                                             Rp. 15.200.000,-
2. Web Mail
Pembuatan
Email berbasis Web                                                           Rp.   3.000.000,-
TOTAL ANGGARAN                                                                     Rp. 18.200.000,-
Bagian 4 – Kesimpulan
Kesimpulan yang akan menjadi tanggung jawab
rekanan adalah sebagai berikut: 
1.     
Pelatihan
para Customer Service dalam penggunaan program dalam bentuk modul.
2.     
Perbaikan
sistem dan fungsi pada program yang tidak teridentifikasi setelah serah terima
dilakukan.
3.     
Mem-backup
data-data tiap bulan selama kontrak maintenance masih berlaku.
4.     
Recovery
data sistem ketika terjadi kerusakan.
5.     
Standby
menjadi rekanan ketika dibutuhkan troubleshoot yang bisa dilakukan melalui
telepon
6.     
Melakukan
perubahan minor sesuai permintaan PT. Jayabaya selama masa garansi (bukan
perombakan sistem dari awal).
7.     
Melakukan
tuning performa terhadap sistem-sistem yang ada jika dirasa performa sistem
tidak berjalan secara optimal dan menyeluruh.
 Metodologi Pengembangan Proyek
3.1  Tahapan Kegiatan
3.1.1 Studi
Kelayakan (feasibility study)
           Mempelajari
proses layanan costomer service
pada user yang berlangsung di PT. JAYABAYA, mengidentifikasi  fungsi-fungsi pelayanan yang diperlukan
sehingga bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi website secara pasti. 
3.1.2 Desain Fungsi (Design Function)
           Melakukan desain sistem
secara detail, mulai dari Context 
Diagram, Data Flow Diagram (DFD), 
desain file, desain tabel,  relasi
tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi
pelayanan yang dikehendaki.
3.1.3 Pemrograman
(Programming)
           Melakukan coding untuk
merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Dalam tahap ini juga sebisa
mungkin coding akan dikerjakan se-efisien mungkin dan dapat dengan mudah
dipahami sehingga bila terjadi pergantian programmer dalam pengembangan sistem
akan tidak mengalami kendala. 
3.1.4 Pengujian (Testing)
           Dilakukan untuk
mengetahui apakah pekerjaan pemrograman telah dilakukan secara benar sehingga
bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga dimaksudkan
untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi website yang
dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan. 
3.1.5 Pelatihan (Training)
           Sebelum
diserahterimakan ke user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung
jawab melatih  user atau operator
PT.JAYABAYA yang hendak mengoperasikan aplikasi website yang telah dibuat.  Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan
informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di
kemudian hari.   
3.1.6 Pemeliharaan (Maintenance)
           Proyek
website tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih
berlanjut hingga tenggat waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk website
yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada
kendala yang berarti.
3.1.7 Dokumentasi (Dokumentation)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar