Minggu, 11 Maret 2012

Manusia dan kebudayaan


Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang sempurna dari makhluk lain. Manusia di alam dunia sangat memegang peranan yang baik dan  unik jika dilihat dari beberapa segi. Di dalam ilmu kimia, manusia dipangang sebagai beberapa kumpulan partikel-partikel atom yang yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia. Menurut ilmu fisika, manusia merupakan sebuah kumpulan fisik yang terkait satu sama lain yang menghasilkan energy. Sedangkan menurut ilmu biologi manusia merupakan makhluk biologis yang tergolong dalam makhluk mamalia.
Manusia merupakan makhluk individu yang sosialistis yang  di ciptakan Tuhan agar bisa saling berinteraksi satu sama lain dan melakukan suatu kebiasaan-kebiasaan dengan komunitasnya yang terus mereka kembangkan dan lestarikan secara turun menurun dari generasi sebelumnya sampai ke generasi berikutnya sehingga menjaga dan melestarikan kebudayaan mereka. Di dalam kehidupan manusia, manusia pasti mempunyai kebudayaannya masing-masing yang berbeda. Itu disebabkan karena manusia memiliki komunitas sendiri di wilayahnya. Di seluruh belahan dunia manapun pasti memiliki perbedaan kebudayaan,tak terkecuali di Indonesia yang memiliki berbagai macam kebudayaan. Di Indonesia kebudayaan Indonesia sangatlah beraneka ragam dari setiap wilayahnya. Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda misalnya dari rumah adatnya, tarian, lagu, alat musik, pakaian dan makanannya, pasti wilayah satu dengan yang lain berbeda-beda.
                Manusia dan kebudayaan adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan karena di mana manusia itu hidup dan menetap dapat dipastikan manusia akan hidup sesuai dengan kebudayaan yang ada didaerahnya. Pada dasarnya manusia dan kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat kaitannya, karena hampir seluruh kegiatan manusia merupakan sebuah kebudayaan yang sangat unik. Kedudukan manusia terhadap kebudayaan yaitu :
  1. Penganut kebudayaan
  2. Pembawa kebudayaan       
  3. Manipulator kebudayaan, dan
  4.  Pencipta kebudayaan

Saat ini kebudayaan Indonesia mengalami berbagai rintangan dan gangguan karena masuknya budaya luar Indonesia. Dengan masuknya budaya luar, Indonesia diberikan dampak positif dan negativenya. Misalnya tentang makanan yang berasal dari luar seperi sekarang yang sedang di sukai oleh warga Indonesia yaitu makanan khas jepang yaitu sushi. Sushi bisa membuat manusia tertarik dan ingin mencobanya. Dengan ada nya sushi, memberikan dampak negative karena warga Indonesia bisa melupakan makanan khas dari daerahnya sendiri dan malah beralih ke sushi. Tapi dari sushi tersebut juga memberikan dampak positif karena kita bisa tahu makanan khas dari Negara jepang tersebut. Dengan ini kita harus bisa mempelajari bahwa kita boleh menerima masuknya budaya asing ke Indonesia tapi kita jangan sampai melupakan budaya khas dari Indonesia sendiri khususnya dari daerah asal kita. Itu sedikit contoh tentang kebudayaan Indonesia dan luar Indonesia. Cintailah negerimu dan pertahankan budayamu. Karena manusia dan kebudayaan tidak akan pernah bisa dilepaskan.

sumber :

0 komentar:

Posting Komentar