Selasa, 22 Januari 2013

CD-Interaktif


SOFTSKILL


Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang tugas softskill yang diberikan oleh dosen sebagai tugas yang telah diberikan. kelompok saya terdiri dari 10 orang dan kami sepakat untuk membuat cd-interaktif yang isinya tentang 3 kebudaayan di pulau Sumatera khususnya Aceh, Medan, Padang. Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki bermacam-macam kebudayaan yang terdiri dari suku, adat istiadat, dan lain-lainnya. Hal ini sangat menakjubkan karena Indonesia memiliki banyak wilayah yang berbeda suku bangsanya tetapi setiap suku saling menjaga kerukunannya satu sama lain agar terciptanya keharmonisan dan kenyamanan dari berbagai macam suku.

Tahap- Tahap Perencanaan : 
Dalam membuat cd-interaktif ini banyak tahap yang harus diperhatikan, diantaranya :
1. Setiap mahasiswa mencari materi yang telah diberikan tentang judul tentang 3 kebudayaan di Pulau         sumatera khususnya Aceh, Medan, dan Padang. 
2. Kemudian pada data tersebut masukkan di Ms Power Point 
3. Sebelum data dimasukkan, buat design pada slide softskill tersebut kemudian masukkan data yang telah dicari.
4. Di dalam masing-masing daerah kita buat menu lagi yang terdiri dari Sejarah, Tradisi dan kesenian dan di dalam menu tradisi dan kesenian terdapat submenu-submenu yang tercantum dalam silabus ini. Dalam Ms Power point ini terdapat kurang lebih 78 slide, dan dalam slide tersebut kami membuat background, tulisan, gambar, lagu dan video. 
5. Setelah data pada Ms.Power Point selesai dimasukkan kemudian kita menggunakan aplikasi i-spring. I-spring adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, yaitu  dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang menarik. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web. Serta Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu : True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text.
6. Pada aplikasi I-spring ini kita mempublish ppt tadi yang jadi dengan cara mempublishnya kemudian tunggu sekitar 15 menit hingga prosesnya selesai dan akan berekstensi swf. 
7. Setelah proses pada i-spring selesai kemudian burning data tersebut dan proses pembuatan cd-interaktif selesai dibuat.

untuk mendownload mentahan pptx nya silahkan klik disini.

Sekian postingan kali ini saya buat semoga bermanfaat bagi para pembacanya :D

Terima kasih kepada  :
1. Allah SWT
2. Dosen Softskill (Ibu Rifiana Arif)
3. Teman sekelompok yang terdiri dari : Arby, Ayu, Indra, Subki, Firman, M Faris,Ida, Pipit

0 komentar:

Posting Komentar