Jumat, 29 Maret 2013

Apa itu semantik web


Nama Kelompok :
1. Achmad Yani  (50411091)
2. Muhammad Yusuf  (55411009)
3. Prastika Dedyana  (55411559)
4. Sherly Maria Pangaila  (56411737)
5. Yuan Fachrul Amanda  (57411593)


Pengertian Semantic Web merupakan pengembangan  dari World Wide Web dimana makna Semantic didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web berasal dari World Wide  Web Konsorsium dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.

Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.

Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

1. XML

XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.
XML didesain untuk mempu menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi.
XML menyediakan suatu cara terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat digunakan untuk menggambarkan sembarangview database, tetapi dengan suatu cara yang standar.

Tipe XML

XML memiliki tiga tipe file :
•  XML, merupakan standar format dari struktur berkas (file).
•  XSL, merupakan standar untuk memodifikasi data yang diimpor atau diekspor.
•  XSD, merupakan standar yang mendefinisikan struktur database dalam XML.

Keunggulan XML :

•  Pintar (Intelligence). XML dapat menangani berbagai tingkat (level) kompleksitas.
•  Dapat beradaptasi. Dapat mengadaptasi untuk membuat bahasa sendiri. Seperti Microsoft   membuat 
    bahasa MSXML atau Macromedia mengembangkan MXML.
•  Mudah pemeliharaannya.
•  Sederhana. XML lebih sederhana.
• Mudah dipindah-pindahkan (Portability). XML mempunyai kemudahan perpindahan (portabilitas) yang  
   lebih bagus.

2. RDF

RDF merupakan sebuah model sederhana untuk mendeskripsikan hubungan antara sumber-sumber daya yang merupakan properties dan values.

Model RDF adalah suatu triple yang dinamakan statement: satu sumber daya (subject) yang dihubungkan kesumber dayayang lain atau satu literal (object) melalui satu arc dari sumber daya ketiga, predikat.

RDF digunakan pada aplikasi tertentu,antara lain:
1. RSS (RDF Site Summary)
    RSS memberikan informasi update sebuah web, tanpa pengunjung perlu mengunjungi website tersebut.
2. FOAF (Friend of a Friend)
    Didesain untuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan, dan relasi / hubungan antar mereka.
3. SIOC (Semantically-Interlinked Online Communities)
    Menerangkan komunitas online dan menciptakan koneksi antara message board, blog, maupun mailing        
    list secara otomatis berbasis dari keyword yang telah disediakan oleh RDF.

3. OWL

OWL diharapkan untuk mempertemukan kebutuhan untuk bahasa ontology di web, sehingga perintah-perintah dasarnya akan lebih baik dari RDF danRDF schema.
OWL mempunyai beberapa tujuan model desain, yaitu: shared ontologies, ontology evolution, ontology inconsistency detection, balance of expressivity dan scalability, ease of use, XML syntax, dan internationalization.

4. MICROFORMATS

Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.
Secara teknis, hal-hal tersebut adalah bagian dari penandaan semantik yang hanya menggunakan standar "Plain Old Semantic (X)HTML" (yaitu "POSH") saja dengan nilai "rel" dan satu setpenamaan-kelas yang umum. Mereka digunakan dengan terbuka dan tersedia, bebas bagi siapa saja.

5. MICRODATA

Microdata adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web.


WEB SECURITY
Web Security adalah tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar