Sabtu, 04 Mei 2013

Search Engine


Nama Kelompok :
1. Achmad Yani  (50411091)
2. Muhammad Yusuf  (55411009)
3. Prastika Dedyana  (55411559)
4. Sherly Maria Pangaila  (56411737)
5. Yuan Fachrul Amanda (57411593)


Pada postingan kali ini saya dan kelompok saya akan membahas tentang search engine. Search Engine adalah sebuah istilah dalam dunia internet yang diartikan sebagai alat pencari kumpulan informasi yang berkaitan dengan kata kunci ( keyword ) atau frase yang kita input ke dalam search box yang disediakan olehnya. Search engine menggunakan 'robot' untuk menjelajah dunia internet dan meng-indeks jutaan situs berdasarkan keyword, lalu menyimpannya ke dalam database. Dia akan melakukan scan terhadap databasenya, ketika seorang user mengetikkan frase atau keyword pada search box. Hasilnya berupa tampilan daftar situs yang berhubungan dengan keyword yang tadi diketikkan, atau sering disebut Search Engine Result Pages (SERP).

Disini saya akan membahas tentang search engine terpopuler  saat ini diantaranya :

1. Yahoo!
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN dan juga salah satu mesin pencari tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.  

Fitur-fitur pada Yahoo! diantaranya :
  • Tampilan awal pada yahoo bagus
  • Memiliki berbagai macam fitur yang lain sperti yahoo messenger, mail, game, belanja, dan lain-lain
  • Salah web yang menyediakan layanan fasilitas gratis, dan lain-lain
2. Google
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ? berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

Fitur-fitur pada Google diantaranya :
  • Tampilan yang sederhana
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari
  • Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya
  • Dapat mencari segala macam informasi
  • Satu-satunya mesin pencari yang memiliki cache
3. MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai  Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN  sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian  peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
Fitur-fitur pada MSN diantaranya :
  • Tampilan awalnya ramai
  • Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial
4. Alltheweb
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.  

Fitur-fitur pada Alltheweb diantaranya :
  • Tampilan yang sederhana seperti google
  • Kemudahan dalam mencari
  • Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video;
Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar