Nama Kelompok :
1. Achmad Yani (50411091)
2. Muhammad Yusuf (55411009)
3. Prastika Dedyana (55411559)
4. Sherly Maria Pangaila (56411737)
5. Yuan Fachrul Amanda (57411593)
1. Web dan perilaku pengguna (IMK)
A. Perilaku Navigasi
Pada semua situs internet yang ada, khususnya situs jual
beli, penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para
pembuat situs website. Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat
suatu navigasi yang menarik agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan
melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang
memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara
konsisten baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi
versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk menelusuri
situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori, pengarang,
produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini sebenarnya mirip
dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih intuitif.
Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai
default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon
pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku,
di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level
berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi
dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang
benar-benar dia cari.
B. Perilaku Pencarian
Fitur pencarian telah di desain dengan berbagai macam cara dengan batasan tertentu. Ketika situs anda berkembang tentunya anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
Dalam pembicaraan kali ini kami memberikan contoh perbandingan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
Gambar 1
Gambar 2
Gambar diatas adalah situs jual beli online yang sangat digandrungi bagi konsumen online. pada Gambar 1. dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia beli), lalu ada semua lokasi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan (untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin memasangkan suatu iklannya).
Gambar 2. tentunya berbeda dengan gambar yang berada diatasnya. pada gambar 2, anda bisa login dengan menggunakan account facebook yang anda punya.dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.
2. Web dan perilaku sosial
A. Web merefleksikan perilaku sosial
Web berita merefleksikan perilaku sosial masyarakatnya. Web berita online biasanya lebih cepat atau up to date dalam menyampaikan berita terbaru. Masyarakat/pembaca yang membuka web berita itu pun lebih cepat untuk mengetahui peristiwa yang baru terjadi.
B. Web mempengaruhi perilaku sosial
Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang populer menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial. Dampak dari web berita itu sendiri yaitu menambah ilmu pengetahuan dan juga mengetahui informasi yang cepat dan akurat. Tetapi adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, berita yang disampaikan, bisa menjadi pemicu demonstrasi atau aksi-aksi yang anarkis.
3. Dampak Ekonomi dari pengaruh web
Beberapa tahun belakangan ini, Kemajuan
Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi sangat pesat. Hal ini terjadi pada
negara-negata di dunia, baik negara-negara maju maupun negara berkembang di
Asia, termasuk Indonesia, sebagai akibat terjadinya revolusi interaksi
sosial. Pada saat ini, perkembangan internet tidak hanya terbatas di
wilayah perkotaan. Di pedesaan, konsep tentang desa dan masyarakatnya saat ini
telah mengalami perubahan yang cukup besar akibat berkembangnya teknologi
informasi, seperti internet. Adanya internalisasi nilai-nilai budaya barat
akibat mudahnya akses teknologi internet di pedesaan telah membawa dampak
terhadap perubahan gaya hidup masyarakat di pedesaan, terutama di kalangan
remaja desa. Salah satu dampaknya yaitu dampak ekonomi.
Dalam bidang ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online, Penjualan tiket pesawat, dan lain-lain.
A. Iklan
Iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”. Pada dasarnya, satu-satunya tujuan periklanan adalah menjual suatu produk, jasa atau ide atau tujuan sebenarnya adalah komunikasi yang efektif, yakni dimana efek akhir periklanan adalah mengubah sikap atau perilaku penerima pesan.
Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat :
- Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
- Memberi keuntungan kepada agen iklan.
- Membuka lapangan kerja.
- Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
- Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
- Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
- Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
- Data AC Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis!
- Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
Dampak pesan yang ditimbulkan :
Meningkatkan pemasaran produk.
- Iklan mampu memunculkan multiplier effect.
- Iklan tidak hanya menjadi ladang pekerjaan baru yang memberikan keuntungan, tapi juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara.
- Iklan ikut memberi andil meningkatkan pembelian masyarakat.
- Menghidupkan industri barang dan jasa karena ada peningkatan permintaan.
B. Penjualan Online
Dalam bidang ekonomi
teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan
manfaat positif dan negatifnya antara lain:
Keuntungan:
- Maraknya TIK Membuka lapangan kerja
- Bisnis e-ommerce dapat mempermudah
transaksi bisnis perusahaan/perorangan
- Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu ,mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk
Kerugian:
- Akan menyebabkan kemudahan transaksi yang
dilarang seperti transaksi barang selundupan atau narkoba
- Hal yang sering terjadi yaitu pembobolan
rekening suatu lembaga /perorangan yang mengakibatkan kerugian financial
yang besar.
Sumber :
http://bluealviandikha.blogspot.com/2012/10/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html
http://blog.uad.ac.id/rifa/2011/04/01/36/
http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-iklan-definisi-adalah.html
http://subkikadrawi.blogspot.com/2013/06/dampak-ekonomi-pengaruh-web.html
http://aisyahasmoro.blogspot.com/2013/06/web-dan-perilaku-pengguna-imk-web-dan.html
http://putrianarian.blogspot.com/2013/06/perilaku-manusia-terhadap-web.html
0 komentar:
Posting Komentar