Minggu, 20 Oktober 2013

Belajar membuat rumah menggunakan strawberry prolog


Setelah sekian lama tidak memposting tulisan, saya kembali lagi untuk memposting tulisan yang telah saya buat sebagai tugas laporan akhir pratikum saya. Pada kali ini saya akan membahas laporan akhir praktikum dalam membuat rumah sederhana di dalam strawberry prolog.
saya membuat tulisan ini sebagai tujuan untuk bisa mengetahui apa itu strawberry prolog dan sebagai tugas yang saya dapat dari perkuliahan yang saya ikuti.

Pertama-tama hal yang harus pertama kali anda lakukan adalah anda membuka strawberry anda yang berada pada laptop/pc anda. setelah terbuka maka ketikkan program seperti gambar berikut ini.


Setelah anda ketikkan semua syntax terebut maka akan mengeluarkan output seperti gambar dibawah ini :


Kemudian saya akan menjelaskan logika program dari syntax tersebut.

Logika program ini dimaksudkan adalah untuk memulai sebuah program pada strawberry prolog dan syntax tersebut merupakan sebuah keharusan dalam objek terebut.


Logika program ini maksudnya adalah untuk mengaktifkan window dan menampilkan output dengan nama judul program Tugas. Selain itu pada angka 50,50,600,600 itu adalah koordinat pada (x1,y1,x2,y2)  merupakan koordinat window awal.


Kemudian program diatas berguna untuk mengisi window yang sudah kita buat sehingga akan ada bentuk garis.
Logika diatas dimaksudkan agar membuat ketebalan garis dan warna garis pada saat kita menampilkan output. Pada ketebalan garis adalah 5 dan warna pada garis rgb koordinat 255,0,0 adalah merah. Pada rgb tersebut bisa kita ubah sesuai dengan keinginan kita.


Logika diatas merupakan sebuah program inti di dalam membuat sebuah garis. Maksud dari Line(100,200,300,200) adalah untuk membuat sebuah garis dengan koordinat x1=100, y1=200, x2=300 dan y2=200. Dan keempat syntax line diatas akan membuat sebuah persegi. Dan syntax untuk membuat atap rumah, pintu, jendela dan bintang hampir sama didalam logika programnya hanya saja berbeda pada setiap koordinat yang kita tentukan.




1 komentar:

  1. wah keren kawan rumahnya.. boleh nih dicoba. ^^

    sangat bermanfaat.. ^^

    BalasHapus